Home | Posts RSS | Comments RSS | Login

Tarantula - Avicularia

Rabu, 27 Januari 2010
Avicularia, spesies Tarantula jenis Arboreal yang pertama kali ditemukan tahun 1818 di Peru. Mereka tidak terlalu agresif, tetapi gampang banget gugup. Spesies ini mudah sekali dibedakan dengan adanya warna merah muda pada setiap ujung kaki2nya, dalam bahasa Spanyol mereka dikenal sebagai ull ploros Rosado con Punta atau Dark Angel Pink Toed.

Avicularia cukup mudah untuk dikembangbiakan melalui penangkaran pribadi dan bertumbuh dengan sangat cepat dan mencapai ukuran maksimal hanya dalam jangka waktu 18 bulan tapi sama seperti kebanyakan tarantula dari jenis pemanjat pohon lainnya, Avicularia berumur lebih pendek (daripada tarantula jenis terrestrial) mereka bisa hidup sekitar 7 - 10 tahun saja.

Avicularia sangat mahir dalam melompat dari satu dahan ke dahan yang lainnya, tapi sayang kaki pendeknya mencegah mereka melompat lebih tinggi lagi. Tarantula ini juga terkenal karena dapat 'berenang', caranya ? Dengan adanya udara yang terperangkap diantara bulu2 yang menutupi seluruh tubuhnya dan memungkinkan mereka untuk tetap terapung di atas permukaan air !

Salah satu fitur yang paling terkenal dari spesies ini adalah metode pertahanannya yang unik. Ketika terancam, pilihan pertama mereka adalah lari secepat mungkin atau melompat sejauh mungkin TAPI ridak jarang juga mereka melepaskan kotorannya ke arah si pengganggu dengan tingkat akurasi yang cukup baik dimana jangkauannya mencapai 0,5 sampai 1 meter !

Sama seperti tarantula lain, Avicularia makan serangga, reptil kecil dan hewan pengerat hingga sebesar ukuran mereka sendiri, mulai dari jangkrik, ngengat, larva kumbang, cacing, kelabang, kecoak sampai tikus. Avicularia dapat disimpan dalam kandang yang memiliki cukup ruang dan medium untuk didaki yang akan dijadikan tempat membuat sarang dengan lubang ventilasi yang cukup banyak.

Beberapa jenis Avicularia yang paling sering disimpan sebagai binatang peliharaan adalah Avicularia avicularia, Avicularia huriana, Avicularia bicegoi, Avicularia metallica, Avicularia geroldi dan Avicularia versicolor. Lihat disini untuk daftar lengkapnya : http://en.wikipedia.org/wiki/Avicularia

Image

Image

Image

Image
Sumber:reptilx

0 komentar to Tarantula - Avicularia:

Posting Komentar