Home | Posts RSS | Comments RSS | Login

Tarantula - Brachypelma

Rabu, 27 Januari 2010
Brachypelma, spesies tarantula jenis terrestrial sekaligus burrowers yang mulai ditemukan pada tahun 1891 dan tersebar luas di seluruh Amerika Tengah, mulai dari Meksiko, Costa Rica, Guatemala dan Panama. Tarantula ini begitu terkenal dalam dunia perdagangan hewan peliharaan karena temperamen mereka yang lembut, mudah beradaptasi dengan tempat baru dan tidak agresif alias enggan menggigit - sangat cocok untuk para hobbyist pemula yang ingin memelihara tarantula pertama mereka !

Pertumbuhan Brachypelma boleh dibilang sangat lambat karena membutuhkan waktu 5 tahun untuk mencapai kematangan fisik. Ada beberapa laporan individu yang menyebutkan bahwa piaraan Brachypelma mereka berumur lebih dari 30 tahun ! Juga, hampir tidak pernah ada laporan bahwa Brachypelma menggigit manusia tapi mereka gampang banget menebarkan bulu2 yang cukup bikin jengkel sang majikan karena kegatelan, garuk2 melulu setelah membersihkan kandang ataupun memegang tarantula ini . . .

Brachypelma adalah jenis tarantula indah karena penampilan mereka yang cukup mencolok dan tidak terlalu suka menyembunyikan diri seperti yang dilakukan oleh banyak tarantula pada umumnya yang mengakibatkan mereka sangat cocok untuk dipamerkan ke teman2 Anda.

Sang jantan mencapai kematangannya dalam waktu 3 - 4 tahun (tergantung dari kondisi dimana dan bagaimana mereka dipelihara) dan ukuran penuh bisa mencapai 6 inchi. Spesies ini merupakan salah satu jenis tarantula yang tidak dapat hidup berdampingan dengan sesamanya dalam 1 kandang, sering terjadi kanibalisme sehingga mereka harus disimpan satu per satu secara terpisah (kecuali untuk mating).

Tarantula yang digunakan dalam film-film Hollywood, seperti Indiana Jones dan The Mummy Returns sering menggunakan Brachypelma smithi atau Brachypelma emilia karena mereka terkenal sebagai yang paling jinak di antara semua jenis tarantula. Spesies yang paling terkenal dalam klan Brachypelma ini adalah Brachypelma smithi, Brachypelma albopilosum, Brachypelma boehmei, Brachypelma vegans dan Brachypelma emilia. Lihat disini untuk daftar lengkapnya : http://en.wikipedia.org/wiki/Brachypelma

Karena spesies Brachypelma smithi atau Mexican Red Knee begitu diminati banyak orang untuk dipelihara, maka sekarang jenis ini sudah masuk ke dalam daftar hewan yang dilindungi oleh CITES (Convention on International Trade in Endangered Species) dibawah hukum internasional dan terdaftar di bawah Appendix II. Apa itu Appendix II ? Terjemahin sendiri dehh yaa huehehe . . .

“Appendix II lists species that are not necessarily now threatened with extinction but that may become so unless trade is closely controlled. It also includes so-called "look-alike species", i.e. species of which the specimens in trade look like those of species listed for conservation reasons (see Article II, paragraph 2 of the Convention). International trade in specimens of Appendix-II species may be authorized by the granting an export permit or re-export certificate; no import permit is necessary. Permits or certificates should only be granted if the relevant authorities are satisfied that certain conditions are met, above all that trade will not be detrimental to the survival of the species in the wild.”

Image

Image

Image

Image

Image
Sumber:reptilx

0 komentar to Tarantula - Brachypelma:

Posting Komentar