Home | Posts RSS | Comments RSS | Login

Cara merawat Guinea Pig

Senin, 15 Februari 2010
Cara Mandiin Guinea Pig
Spoiler for mandiin GP:
yg di perlukan untuk mandiin GP :
> ember ato bathtub.
> 2 handuk. 1 handuk di taro di bathtub/ember, 1 nya lgi di taro di samping bathtub/ember supaya waktu GPnya dah slese mandi langsung di taro disitu.
> shampoo khusus utk guinea pig ato kelinci .
> sisir khusus .
> gelas plastik .

cara mandiinnya :
1. Isi bathtub nya dengan air yg cukup hangat (jgn tlalu panas jga). jangan tlalu banyak. Secukupnya saja, sampe badannya GP kena (jgn sampe mukanya jga kena).

2. Taro handuk kecil di bathtub yg sudah terisi air.

3. Perlahan" pegang GP dan taro di bathtub yg ada handuk kecilnya. (Kalo misalnya dya panik/ketakutan gitu angkat dya plan" dan taro di handuk yg lbih besar sambil mengusap" badannya dengan handuk. Klo udah gk panik lgi, msukin lgi ke bathtub).

4. Pake gelas plastik trus tuangkan air nya dari ekor sampe badannya. Jangan sampe kena muka ato telinga nya. Cukup di badannya saja. Klo udah, dipakein shampoo.

5. Ambil shampoo dengan jumlah sedikit aja. Taro di tanganmu. Trus gosok" ditangan supaya kluar busa, trus usapin di badan GP dengan rata.

6. Bilas GP dengan air yg bersih. Klo pake ember, butuh 1 lagi ember untuk air yg bersih. Air hangat juga. Pindahin GP dri ember air kotor ke ember yg airnya bersih. Trus pke gelas plastiknya siram perlahan" ke badan GP sampe bersih.

7. Angkat GP nya trus taro di handuk besar sambil lap"in bulunya. Bungkus badannya di handuknya sampe beberapa menit aja supaya dya gk kedinginan. Jangan balikin GP nya ke kandang sebelum dya bener" kering. Pastikan dya ada di ruangan yg hangat waktu dya abis mandi/ keringin badan.

8. Klo GP nya dah kering total, balikin ke kandangnya. Bilas kembali bathtub yg abis di pake mandi ma GP nya. Slesai!!


Cara Gunting Kuku Guinea Pig

Spoiler for gunting kuku GP:
Potong kuku GP harus sabar.. Harus perlahan-lahan, dan sedikit demi sedikit.. Berikut caranya:
1) Gunakan gunting kuku (saya prefer sih) manusia yang tajam
2) Siap-siap kapas dengan alkohol/betadine jika nantinya ada pendarahan
3) Nah yang jadi masalah itu, dalam kuku GP ada pembuluh darah halus yang jika dipotong akan berdarah dan bikin GP kita sakit.. Jadi potongnya cukup UJUNG-nya, bener2 ujungnya loh..
4) Kalo perlu lihat di tempat terang pembuluh darahnya (disebut quick). Quick ini berwarna pink. Nah itu jangan sampai ke gunting..
5) Jika terjadi pendarahan cepat2 ditekan dengan kapas alkohol/betadine tadi.
6) Gunting kuku dilakukan sebulan sekali, nanti quick-nya makin mundur kalo kuku-nya makin pendek..



Ciri2 Guinea Pig Hamil dan Ciri2 Mau Ngelahirin

Spoiler for GP hamil dan lahirin:
Memang rada sulit untuk mengetahui apakah seekor betina hamil atau tidak.. Tapi kalau betina disatukan dengan jantan kemungkinan hamilnya besar..
Ciri-cirinya di deket puser coba teken tapi jangan keras2 kaya ada jendil2 gitu deh (itu katanya sih puser bayinya).. Nah kalo si betina sudah tidak ingin dipegang lagi daerah pusernya berarti dia hamil kurang lebih 6 minggu (Alhamdullillah tinggal 3-4minggu lagi brojolnya) Nanti semakin dekat kelahiran semakin terlihat gendutnya.. Soalnya kalo masih hamil muda gendutnya ga kentara --> alias sama aja sama jantan-jantan ku yang perutnya gendut dibelakang Hehehhehe..

Ciri-ciri mau lahiran kalo udah ada bukaan (kaya manusia juga), kalo sudah dua jari berarti akan melahirkan dalam 24 jam, biasanya malam ketika kita tidak tahu. Jantan dipisahkan ketika betina sudah merasa terganggu dan galak! Lebih baik betina dipisah, kalau punya GP betina lain (yang cocok dengan si hamil) atau anak2 GP boleh disatuin sama si hamil.. Karena bagaimana pun juga 'ditemanin' pada masa kritis lebih membahagiakan dan memberi semangat pada GP yang bersangkutan hehehhe..

Makanan Buat Guinea Pig
Spoiler for food:
Sayur/buah yang mengandung vit. C
Rumput yang Fresh
Brokoli
Kol
Sawi
Apel ( potongan kecil, hanya boleh 1x sminggu)
Pir ( potongan kecil, hanya boleh 1x sminggu)
Jagung
Wortel
Pepaya
Tomat
Bayam

contoh :

Yg tdk boleh dimakan :
Kangkung
coklat
biskuit
cereal
cookies
pasta
yogurt
roti, dll .


Data Biologis Guinea Pig
by Joe_Zulfakar

Spoiler for data:
Lama Hidup : 8 tahun atau lebih
Lama Produksi Ekonomis : 1-2 tahun
Lama Hamil : 55-75 hari, rata-rata 68 hari
kimpoi sesudah beranak : 6-20 Jam
Umur Disapih : 14-21 hari
Umur dewasa : 55-70 hari
Masa kimpoi : Setelah berat mencapai 400 g(jantan dan betina)
Siklus Kelamin : Poliestrus
Siklus Etrus(Birahi) : 16-19 hari
Periode Etrus : 6-11 jam
Perkimpoian : Pada waktu estrus
Ovulasi : rata-rata 10 jam sesudah timbul estrus, spontan
Fertilisasi : 1-15 jam sesudah kimpoi
Berat dewasa : 600-1000 gram(Jantan); 600-800 gram(Betina)
Berat Lahir : 75-100 gram(tergantung jumlah anak)
Jumlah anak : rata-rata 4 maksimal 8
Perkimpoian Kelompok : 20 Ekor betina dengan satu ekor jantan
Aktivitas : Krespuskular (Senja dan Subuh)
Kecepatan Tumbuh : 6,4-6,6 gram per hari

Sumber : John B, Smith dan Buku Pintar memelihara Rodensia Bagian GP
Arti Dari Suara2 Guinea Pig

Spoiler for suara GP:
1.Wheek - Suara yang keras, juga dikenal sebagai Bersiul. Sebuah ekspresi umum saat mereka senang, bisa juga terjadi saat mereka mengetahui keberadaan para pemilik atau saat diberi makan. Hal ini kadang-kadang digunakan untuk menemukan GP lainnya jika mereka sedang bermain. Jika ada GP yg hilang, mungkin suara ini bisa membantu.

2. Bubbling ato Purring - Suara ini dibuat ketika GP sedang menikmati, sperti sedang dielus2. Mereka juga dapat membuat suara saat di grooming, menyelidiki tempat baru/asing, atau saar dikasi makan.

3. Rumbling - suara ini biasanya terjadi dengan dominan dalam satu grup, namun dapat juga datang sebagai respon terhadap kenyamanan atau kepuasan.Rumbling biasanya dibunyikan dengan suara tinggi dan tubuh GP bergetar dalam waktu dekat. Sementara Courting, GP cowo biasanya purrs, berayunan dan mengelilingi perempuan dalam perilaku yang disebut "rumblestrutting". Berjalan ogah-ogahan pergi menunjukkan perlawanan pasif.

4. Chutting dan Whining - Ini adalah suara yang dibuat dalam pengejaran situasi .

5. Chattering - Ini adalah suara yang dibuat oleh gertakan gigi gigi dengan cepat, dan umumnya adalah tanda peringatan. GP cenderung menaikkan kepala mereka saat membuat suara ini.

6. Squealing ato Shrieking - Suara tinggi yang berarti ketidakpuasan, sebagai respons atas rasa sakit atau bahaya.

7. Chirping - Suara ini kurang umum, mirip sperti suara burung, tampaknya dikaitkan dengan stres, atau jika bayi Guinea pig ingin diberi makan. Sangat jarang, chirping akan
berlangsung selama beberapa menit saja.

0 komentar to Cara merawat Guinea Pig:

Posting Komentar